Sunday, October 7, 2018

Ternyata ini asal usul istilah Kumpul kebo

Karena akhir-akhir ini banyak sekali penggrebekan pasangan diluar nikah yang tinggal serumah, atau di masyarakat kita sering disebut kumpul kebo, tiba-tiba timbul pertanyaan yang sebenarnya tidak begitu penting tapi bikin penasaran, yaitu  kenapa namanya harus kumpul kebo? bukan kumpul sapi atau kambing? mungkin ada sebagiang teman teman yang juga berfikir begitu, berangkat dari rasa penasaran yang tinggi akhirya saya putuskan untuk mencari informasi di mbah google.

sumber : netizeninfo.com
sumber : www.netizeninfo.com
Setelah berselancar mencari asal usulnya dan banyak artikel yang menjelaskan istilah kumpul kebo, ternyata terdapat dua pendapat tentang darimana istilah ini berasal, dan pendapat pertama yaitu berasal dari sifat atau ciri khas dari binatang yang di sebut Kebo dalam bahasa daerah tertentu di indonesia atau dalam bahasa indonesia di sebut kerbau, dan seperti pertanyaan di awal tadi kenapa kebo atau kerbau? Jadi ternyata si kerbau ini termasuk binatang yang cukup misterius, karena mereka ini jarang terlihat berduaan apalagi melakukan aktifitas kawin, tapi tau tau si kerbau betina hamil. Dan mungkin di masyarakat di hubungkan dengan orang yang tinggal serumah tanpa hubungan pernikahan tau tau hamil.

sumber : harianriau.co

Dan pendapat kedua, ternyata kumpul kebo ini tidak ada hubungan nya dengan binatang yang kita sebutkan di atas. kumpul kebo disini berasal dari istilah "koempoel gebouw". Istilah ini di perkirakan berasal dari zaman penjajahan kolonial belanda, karena kata "gebouw" sendiri berasal dari bahasa belanda yang artinya bangunan atau rumah jadi kalau di satukan dengan kata koempoel dari bahasa indonesia jadilah istilah koempoel gebouw artinya secara bahasa kumpul rumah, karena koempoel sendiri adalah bahasa indonesia yang artinya menjadi satu kesatuan atau berkelompok. Dan kegiatan ini konon orang orang belanda katanya sering pasangan atau bisa beberapa pasangan tinggal di satu rumah tanpa ada pernikahan, jadilah di masyarakat kita sampai sekarang kalau ada pasangan yang tinggal disatu rumah tanpa menikah disebut koempoel goebouw, dan karena perkembangan zaman dan kata goebouw mirip dengan kebo makanya sekarang jadinya koempoel kebo atau kumpul kebo pada ejaan sekarang.

Jadi itulah dua pendapat yang paling banyak dipercayai tentang asal usul istilah kumpul kebo, walaupun sepertinya kebanyakan dari kita taunya sesuai dengan pendapat pertama, kalau menurut saya pribadi lebih setuju dengan pendapat kedua. karena memang lebih bisa di terima secara logika saya pribadi.

Artikel Terkait

Ternyata ini asal usul istilah Kumpul kebo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email