Sunday, October 28, 2018

Tips Memulai Membuat Aquascape

Memulai membuat aquascape memanglah susah susah gampang, karena ada banyak hal yang harus di pertimbangkan dan di persiapkan, mulai dari peralatan, bahan dan sebagai nya, Karena itu saya akan mencoba membagi sedikit tips bagi anda yang ingin membuat Aquascape. Sebelum mulai Memulai membuat aquascape saya mungkin akan menggunakan beberapa  isitilah istilah dalam aquascape yang mungkin oleh beberapa orang merupakan hal yang baru, maka untuk mempermudah memahami istilah tersebut saya sudah membuat postingan tersendiri untuk istilah dalam aquascape yang bisa dilihat dalam  postingan Istilah Dalam Aquascape

1. Tema
Ya, langkah awal untuk memulai membuat aquascape adalah tema, jadi kita hendaknya sudah memiliki gambaran tema apa Aquascape yang akan kita buat, karena dari tema inilah kita bisa tahu, tanaman apa yang akan tanam, apa yang dibutuhkan tanaman tersebut agar bisa tumbuh optimal, mulai dari nutrisi, pencahayaan high light atau low light dan peralatan yang akan di gunakan apakah High tech atau low tech. Jadi untuk itu, mulailah dari menentukan tema terlebih dahulu. Untuk mengetahui macam macam tema aquascape anda bisa baca postingan Macam macam Tema Aquascape 
Aquascape dengan tema naural
2. Budget
Yang kedua adalah menyiapkan budget atau anggaran yang akan kita keluarkan untuk si aquascape ini, karena dalam membuat sesuatu tentu kita membutuhkan peralatan, bahan dan lain lain yang tentunya untuk mendapatkan nya harus dengan uang. Kita ambil contoh yang biasanya yang membutuhkan budget yang cukup banyak adalah aquascape tema dutch style, karena selain membtuhkan banyak tanaman, tanaman yang ditanam pun rata rata memiliki kebutuhan pencahayaan yang tinggi, sedangkan untuk membeli lampu semakin besar watt nya akan semakin mahal harga lampunya dan jiga pencahayaan yang tinggi akan membutuhkan injeksi co2 tambahan untuk mengimbangi proses fotsintesis tanaman dengan intensitas cahaya tinggi.jadi siapkan lah budget sesuai tema yang akan anda buat agar hasilnya sesuai harapan anda.

4. Menyiapkan Peralatan
Setelah menentukan tema dan budget sudah ada, maka mulailah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat Aquascape. Seperti tank, filter, lampu adalah peralatan yang wajib dan peralatan penunjang lain, kipas pendingin, termometer dan seperangkat tabung CO2 jika memang dibutuhkan.Baik dibeli ataupun memanfaatkan peralatan yang sudah ada (biasanya yang sudah ada adalah tank nya yaitu bekas aquarium).dan untuk peralatan sendiri yang dibeli ada baiknya meyesuaikan dengan budget, karena ada banyak pilihan, tergantung kualitas dan kepraktisan alatnya masing masing. salah satu contoh alat yang bisa kita sesuaikan dengan budget adalah seperti tank yang dibuat kustom di tukang kaca tentu akan lebih murah daripada yang buatan pabrikan, filter model hang on akan lebih murah dibandingkan canister, atau lampu DIY akan lebih murah dibandingkan lampu pabrikan.bebrapa hal tersebut adalah beberapa contoh peralatan yang bisa disesuaikan dengan budget.

5. Menyiapkan bahan
Selanjutnya adalah bahan bahan yang diperlukan, yaitu pertama substrat, bakteri starter (opsional), pupuk dasar jika menggunakan substrat pasir, hardcsape sesuai tema, dan tentu tanaman yang akan ditanam yang disesuaikan dengan tema yang akan kita buat. Baik alat maupun bahan bahan tersebut bisa kita dapatkan di toko Aquarium atau yang khusus menjual kebutuhan aquascape agar lebih lengkap.

6. Memulai membuat hardscape
Setelah semuanya peralatan dan bahan lengkap maka mulailah membuat atau menyetting aquascape, setting lah sesuai tema yang akan kita buat, untuk inspirasinya bisa kita contoh dari yang sudah ada dengan melihat di internet, ada banyak sekali contoh settingan aquascape, tidak perlu buru buru dalam menyetting hardscape karena menurut saya, kesenangan dalam hobi aquascape adalah salah satunya  saat menyetting hardscape, jadi nikmati setiap step nya , disini anda akan mulai menyusun dan membongkar settingan sampai rasanya pas sesuai yang di inginkan.

7. Mulai menanam
Kesenangan selanjutnya adalah menanam tanaman, jika settingan sudah siap maka dilanjut dengan menanam tanaman yang sudah disiapkan, ada baiknya sebelum substrat di tanami tanaman dibasahi terlebih dahulu, atau tank di isi air sebanyak 10 %, agar lebih memudah dalam menanam tanaman. atau tanaman yang tidak di tancap di subtrat bisa di lem atau di ikat pada hardscape.jika sudah selesai maka tank bisa di isi penuh dengan air

8. Memasang peralatan 
setelah selesai mulailah memasang peraltan yang dibutuhkan seperti filter, lampu dan kipas pendingin, dan seperangkat alat CO2 , jika memang menggunakan CO2, jika semua sudah selesai maka tugas anda adalah sabar untuk melihat dan merawat aquascape anda hingga jadi tank yang hijau.

9. Merawat Aquascape
Setelah selesai tugas selanjutnya adalah merawat aquascape yang kita buat tadi dengan se rajin mungkin, seperti WC sekali 2 hari, dan jika air nya sudah jernih kita  bisa menambahkan beberapa fauna, terutama fauna yang bertugas untuk bersih bersih , seperti keong pemakan alga, ikan pemakan alga dan udang, dan tentu saja ikan hias untuk mempercantik aquascape kita.

9. Menikmati keindahan Aquascape
jika sudah beberapa minggu dengan perawatan yang tepat, maka anda sudah bisa melihat sebuah Aquascape yang indah, hasil karya tangan anda, biasanya saya akan menghabiskan waktu cukup lama duduk memandangi aquascape yang saya buat.

Itu sedikit tips dalam memulai membuat aquascape, dimana tips memuali membuat aquascape dia atas adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya yang masih sedikit dalam dunia aquascape, kalau kurang silahkan ditambahkan dan jika salah silahkan di koreksi. Terimakasih salam Hijau.

Artikel Terkait

Tips Memulai Membuat Aquascape
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

September 6, 2020 at 3:42 AM delete

Rida dengan Aquascape
https://www.youtube.com/watch?v=37QhvMbvaF4

Reply
avatar